hati2 menggunakan Traffic Shaper XP

pusiiingg……..
sering ada user yang donlot, nonton youtube pake tab sampe 100 susun (emang bisa?). bukannya mau ngebatesin kebebasan user. tp user yang cuman browsing sering ngeluh. “kok lelet bgt si mas” lalu gw musti ngomong apa?

gw putusin gw bakal limit, bakal gw batasin bandwidth setiap komputer user. cari2 software buat bandwidth. yang sederhana aja. g pake segala server lah, router lah. apalah. ilmu gw blom sampe kesitu. hue hue hue. tarang, ketemu software keren, Traffic Shaper XP namanya.

freeware ini kerjanya buat ngebatesin bandwidth, dgn semangat 45. gw pasang di semua kompi diwarnet gw. serasa dendam yang terbalas. liat lo besok para donloader. g berkutik lo. add rules. bandwidth gw batisin 1 komputer cuman dapet 13 kbps(padahal g ngerti) ya pokoknya klo donlot mentok di 13 kbps.

hari2 berikutnya terasa sangat menyenangkan. terliat para user betah ngenet, karena koneksi terbagi rata. g ada yang lelet. terlihat peningkatan pendapatan pun naik. di barengi dgn kurang puasnya para downloader “mas kok donlotnya jadi lelet gini ya” yang terang aja. donlot jejer 5. jadi 5 :13 kbps yang gw beri cuman dape 2,6 per file dalam hitungan normal. ya g apa2, berkorban demi user yang laen.

pas udah sekitar seminggu lebih. masalh muncul. jeder (emang petir ya gan..!) koneksi tiba2 mati, kebiasaan gw klo lg gangguan gw sering melototin modem. gw ketik dah gateaway di browser, laaa…. kok gw g bisa login ke modem. anooorrr…pasti modem rusak ne. mo nyoba modem temen. tapi dia g ada dirumah, yaudah besok. setengah hari neh warnet g ada pemasukan. hiks hiks hiks.

besoknya gw tes modem temen. setelah perjuangan melelahkan nyeting modem. ahirnya kondisi kembali normal. baru setengah jam. jeder. koneksi mati lg. gw tes dari modem langsung ke kompi. modem bisa aja login. wa dalam hati neh pasti hub rusak. bukannya di modem. maklum hub umurnya udah 7 taun.

ya udah, dgn berat hati gw pergi beli hub. pas dipasang. koneksi normal. malah kayanya tambah gagah. tambah kenceng. cuman sugesti kali. gara2 hub baru. wkakakakak… hati tenang. pulanglah gw kerumah. kecapean…

tit tit tit… mas gangguan lg ya…. jeder…wadohhhh….. apa lg ini.

ternyata…salahnya ada di software yang gw pasang buat ngelimit bandwidth.

kata temen gw si ipnya konflik. jadi rancu keneksinya.

gw cari2 artikel di internet jg terjadi kasus yang sama. inet matot pas di instal nih software.

kata temen gw si ini juga harus ada server yang mengatur ni software. ya sama aja kayak router. gw mah g ngerti.

ya udah. meslah terselesaikan. walau duit melayang buat belu hub. tp g apa2lah. gw dapet pengalaman berharga. jadi tmen2 klo mau pasang ni saftware. mending hati2 aja deh, cari yang bener2 ahli.

sekian dan terima kasih. (pidato kali ya…)

Leave a comment